Beranda ADVERTORIAL Jika Dipanggil, BPBD Sumbawa Siap Klarifikasi Dana Gempa

Jika Dipanggil, BPBD Sumbawa Siap Klarifikasi Dana Gempa

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Ditreskrimsus Polda NTB telah melakukan klarifikasi terhadap sejumlah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terdampak bencana gempa bumi di Pulau Lombok pada awal tahun 2019.

Kabarnya, pihak Polda NTB juga berencana akan meminta klarifikasi kepada sejumlah Kepala Pelaksana BPBD di Pulau Sumbawa. Mengingat aliran dana bencana juga masuk ke Kabupaten Sumbawa dan KSB sebagai daerah terdampak.

Terhadap hal itu, Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa, Zainal Abidin menyatakan sejauh ini pihaknya belum menerima surat panggilan dari Polda NTB, terkait hal tersebut. Namun Ia mengaku siap ketika dimintai keterangan kaitan dengan pencairan dana pascagempa yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Berita Terkait:  Sekda KLU Buka Pameran Pembangunan dan Produk Unggulan 2019

“Surat panggilan belum ada, cuman kita juga baca di koran. Kalau memang daerah terdampak Sumbawa sama Sumbawa Barat, ya Sumbawa siap saja memberikan keterangan,’’ ujarnya kepada wartawan, (9/1).

Menurut Abidin-akrabnya disapa, sejauh ini pihaknya intens berkoordinasi dengan Polres Sumbawa. Untuk memberikan data terbaru terkait dana bantuan dimaksud.

“Kita sudah sering koordinasi dengan Polres Sumbawa, mereka selalu meminta data perkembangan, kemajuan pembangunan rumah masyarakat, dan kita selalu memberikan data secara transparan. Setiap data yang baru kita sampaikan ke Polres, mungkin Polres meneruskan ke Polda,’’ tuturnya.

Berita Terkait:  FWD Life Hadir di Lombok

Disinggung terkait proses untuk dana pasca gempa yang ada di Kabupaten Sumbawa, Abidin menjelaskan, setiap anggaran yang telah diusulkan sesuai SK Bupati sudah ditindak lanjuti oleh BNPB, dan uang itu saat ini ada di BRI.

“Jadi memang lewat BRI, sekarang sudah mencapai Rp 181 miliar dana yang terkirim. Dan BRI koordinasi terus untuk membuat buku rekening masyarakat yang sudah ada di SK Bupati tersebut,’’ terangnya.

Ditambahkan, nanti seluruh buku rekening tersebut akan di cek oleh BRI. Setelah semua itu tercetak, nanti BPBD Sumbawa bersama BRI akan membagi lagi ke masyarakat yang sudah keluar anggarannya sesuai SK Bupati.

Berita Terkait:  JR Ingatkan 4 Kebiasaan yang Harus Dijaga Selepas Ramadhan

“Setelah itu diterbitkan oleh BRI akan dikirim ke rekening masing-masing, nanti masyarakat ini akan membuat Pokmas. Yang akan menerima rekening masyarakat ini akan di transfer lagi ke rekening Pokmas, sehingga nanti satu pintu. Masyarakat yang melakukan perbaikan baik itu berat, sedang maupun ringan tetap melalui Pokmas. Tidak boleh mengambil sendiri,’’ pungkasnya. (*)