Beranda ADVERTORIAL Inilah Kunci Utama Wujudkan Masyarakat NTB Sejahtera dan Mandiri

Inilah Kunci Utama Wujudkan Masyarakat NTB Sejahtera dan Mandiri

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Visi NTB Gemilang merupakan keyakinan dan komitmen pemerintah daerah untuk terus mengikhtiarkan percepatan dan lompatan pembangunan NTB yang tertata rapi.

Terlebih sebagai hunian yang menyenangkan, masyarakat yang berdaya saing, tangguh dan berbudi luhur.

Pemerintah Daerah terus hadir ditengah masyarakat dengan pelayanan yang maksimal. Ini adalah upaya dalam menghadirkan kesejahteraan sebagai tujuan utama Pembangunan NTB Gemilang.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengungkapkan kunci utama dalam mewujudkan masyarakat NTB sejahtera dan mandiri.

Menurutnya, industrialisasi amerupakan kunci mewujudkan masyarakat NTB yang sejahtera dan mandiri.

Yaitu Bertumpu pada sektor pertanian, pariwisata dan industrialisasi sebagai sektor unggulan daerah. Indikator dalam pencapaian tujuan tersebut adalah pertumbuhan industri.

Adapun sasarannya yakni mengembangkan industri olahan dan permesinan. Sasaran lainnya adalah meningkatnya investasi, kerjasama pemerintah dan badan usaha serta kemudahan perizinan dan menurunnya tingkat pengangguran terbuka secara signifikan.

Berita Terkait:  Bekraf Gelar Sosialisasi Kreatifood 2019 di Mataram

Industri olahan dan permesinan yang dimaksud dalam program industrialiasi ini adalah pembangunan teknologi/permesinan yang mendukung pengolahan dan pemberian nilai tambah terhadap berbagai produk dari sektor Pertanian, pariwisata dan industri yang potensial mendukung program unggulan menuju terwujudnya NTB Gemilang Ekonomi.

Misalnya mesin-mesin untuk sarana produksi pertanian, seperti traktor, alat angkut, mesin perontok, pengering,  pabrik penggilingan dan industri pengolahan lainnya, harus diproduksi atau di assamble oleh putra-putri NTB di daerah sendiri. Dan sedapat mungkin dikurangi import dari luar.

Didalam RPJMD Provinsi NTB tahun 2019-2023, sesuai janji kampanye pasangan Zul – Rohmi, telah ditetapkan 19 program unggulan dalam mewujudkan misi NTB Sejahtera dan Mandiri, yakni program unggulan NTB Gemilang Ekonomi, pariwisata, pertanian dan industri.

Berita Terkait:  Ayo..! Cegah Narkoba Sejak Dini

Didalam 19 program unggulan tersebut, terdapat : (1) Science Technology Industrial Park (STIP) Inovatif, (2) NTB Ramah Investasi, (3) UMKM Bersaing,  (4) 99 Desa Wisata, (5) Pertanian Lestari, (6) Kampung Unggas, (7) Apartemen Ikan, (8) Revitalisasi BLK, dan (9) Industrialisasi Produk Pertanian dan program-program unggulan lainnya.

Gubernur menjelaskan bahwa aktor utama dari pembangunan industri tersebut, adalah dunia usaha yang berkembang baik. Karenanya, STIP menurut Doktor Zul merupakan trigle awal tentang industrialisasi di NTB. Industrialisasi adalah proses besar untuk menambah nilai tambah, sehingga membutuhkan inovasi teknologi.

Berita Terkait:  Wajib Tahu! Ternyata Banyak Perbedaan Juknis BOS 2019 dengan 2018 Loh…

Strategi industrialisasi, menurut Gubernur, perlu menggunakan pendekatan Import substitusional dan pendekatan Eksport.

“Pendekatan import Substitusional maksudnya, kita belajar dari negara-negara yang sudah maju, kita ambil satu produk teknologinya, kemudian pembelajaran dilakukan dengan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), ujarnya. Disinilah perlunya lembaga  Research daerah harus mampu bekerja  sama dengan  dunia industri,” tuturnya.

“Selanjutnya, kita akan lebih banyak mengirim atau mengeksport produk-produk kita dalam bentuk barang jadi. Kita harus memastikan Nusa Tenggara Barat itu sehat, hangat, dan aman untuk investasi dan dunia usaha. Karenanya, Tugas pemerintah dan dunia pendidikan adalah menciptakan agar dunia usaha itu nyaman untuk lahirnya industri dan dunia usaha,” tambah Gubernur. (NM1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here