Beranda ADVERTORIAL Gubernur NTB Dikenal Merakyat dan Sederhana, Ini Buktinya!

Gubernur NTB Dikenal Merakyat dan Sederhana, Ini Buktinya!

BERBAGI

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Nama Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah memang terus menjadi sorotan masyarakat. Itu karena dia, dikenal sebagai sosok yang merakyat, dan sangat sederhana.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur NTB, Bang Zul kerap ia disapa menjadi Wakil Rakyat di DPR RI dari Fraksi PKS masa jabatan 1 Oktober 2004 hingga 26 Februari 2018.

Setelah berhasil memenangi Pilkada NTB lalu, pria kelahiran Sumbawa Besar 18 Mei 1972 itu bersama wakilnya yaitu Hj Sitti Rohmi Djalillah resmi dilantik oleh Presiden RI, H Joko Widodo.

Duo Doktor (Julukkan Zul-Rohmi) dilantik oleh Jokowi tepatnya di Istana Kepresidenan di Jakarta, Rabu 19 September 2018 lalu.

Kini, Pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) itu bersama sang Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah, istri dari Anggota DPRD NTB Fraksi Nasdem Khairul Rizal itu semakin maksimal dalam berkolaborasi.

Meski terhitung masih sangat baru ia menjabat sebagai Gubernur NTB, namun prestasi yang telah berhasil diraihnya cukup banyak. Dimana berbagai penghargaan dari tingkat nasional terus mengalir diraihnya.

Untuk menuliskan secara lengkap kisah perjalanan serta prestasi Bang Zul sebelum menjabat Gubernur NTB mungkin tak akan cukup untuk dituangkan dalam sebuah tulisan singkat ini.

Maka dari itu singkatnya, bisa dikatakan karier pria yang dikenal cerdas itu, sangat luar biasa. Selain dikenal cerdas, sosok Zulkieflimansyah juga dikenal sangat bersahaja dan dekat dengan rakyat.

Lebihnya lagi, orang nomor satu di NTB itu tak sungkan terjun langsung mengunjungi dan menyapa warganya secara istiqomah hingga tataran terbawah sekalipun.

Bahkan pola kepemimpinannya pun dikenal sangat simpel, untuk berbelanja saja dia membeli makanan dipinggir jalan, antara lainnya memakan nasi campur dan soto bersama keluarganya.

Berita Terkait:  Diluar Ekspektasi, Dikbud Apresiasi Sekolah Penerima Bantah!

Nggak percaya? Berikut buktinya yang berhasil dihimpun oleh NUSRAMEDIA.COM melalui beberapa momen :

POTONG RAMBUT DI BANGKALAN BIASA
Berlokasikan tepatnya di depan Kantor Dinas PUPR Sumbawa. Gubernur NTB memotong rambutnya disebuah tempat pangkas rambut atau biasa disebut bangkalan sangat biasa (sederhana) di Kabupaten Sumbawa.

Nampak Bang Zul begitu menikmati saat dicukur. Padahal, sebagai seorang petinggi di NTB bukanlah hal sulit untuk dia memotong rambutnya ditempat khusus atau jauh lebih mewah. Nyatanya, Bang Zul lebih memilih memotong rambutnya ditempat yang sangat sederhana, bahkan tak pernah kita sangka-sangka.

SAMBANGI PEDAGANG, DATANG KE PASAR
Mengenakan kemeja biasa, Gubernur NTB menyambangi para pedagang di Pasar Kebon Roek, Kota Mataram, Pulau Lombok. Bahkan Gubernur juga membeli ikan disalah satu pedagang.

Tak hanya di Pulau Lombok, begitupun di Pulau Sumbawa. Yaitu tepatnya di Pasar Labuhan Sumbawa. Ini merupakan salah satu cara Bang Zul memperhatikan warganya. Memberikan semangat kepada para pedagang untuk terus berusaha dalam berkihtiar menjemput rezeki dengan usaha yang digeluti.

Para pedagang dikesempatan itu juga berterimakasih kepada Bang Zul, atas perhatiannya yang kerap menyambangi sekaligus menyapa mereka secara langsung dan rela masuk di pasar.

MENGENDARAI SEPEDA MOTOR
Sebagai orang nomor satu di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tentu bukan hal sulit bagi seorang Bang Zul untuk duduk manis disebuah mobil mewah. Buktinya, dia pernah tertangkap kamera sedang mengendarai sebuah sepeda motor saat berkunjung ke Pulau Sumbawa, tepatnya di Bima.

Berita Terkait:  Usai Sumbawa, Johan Rosihan Lanjut Reses di KSB

RENDAH HATI DAN SANTUN
Sebuah contoh yang patut untuk ditiru dan terus diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, khususnya bagi warga Nusa Tenggara Barat dalam bersikap maupun menghormati orang yang lebih dewasa.

Sebagai seorang pemimpin, Bang Zul patut diancungi jempol, memiliki sebuah jabatan tinggi tidak membuatnya lupa diri untuk tetap menghormati dan menghargai orang yang lebih tua. Terlebih kepada para ulama.

Nampak Gubernur menyalami sekaligus menciumi tangan salah satu ulama kharismatik yaitu TGH LM Turmudzi Badaruddin atau kerap dikenal dengan panggilan Tuan Guru Bagu di Lombok Tengah.

Dilain kesempatan, meski menjadi seorang Gubernur, Bang Zul juga nampak tertangkap kamera disebuah momen di Kabupaten Sumbawa. Dimana saat itu Bang Zul memayungi HM Husni Dibril yang tak lain adalah Bupati Sumbawa saat ini.

MAKAN DI TEMPAT YANG SANGAT BIASA
Disebuah momen Gubernur NTB bersama sang istri tercinta, Hj Niken pernah tertangkap kamera singgah disebuah warung makan yang nampak sangat biasa. Meski begitu, layaknya seorang pejabat yang rendah hati dia tidak membuat sekat.

Boleh dikatakan Bang Zul mampu meretas kesan yang selama ini bahwa pemimpin selalu memiliki sekat dengan rakyatnya. Begitupun di Sumbawa Besar.

Disela-sela kunjungan kerjanya yang begitu padat. Gubernur pun singgah untuk makan ditempat yang sangat biasa. Yaitu di warung Soto tepatnya di Pusat Pertokoan, Sumbawa.

TETAP BERPENAMPILAN SEDERHANA
Gubernur mengenakan baju kaos lengan panjang berwarna biru dengan celana biasa. Disuatu momen menyambut kedatangan sejumlah pejabat pusat yang berkunjung ke NTB.

Berita Terkait:  Dewan Soroti Belum Meratanya Bantuan PKH di Mataram

Yaitu Menteri Perencanaan Pembanganunan Nasional dan Kepala Bappenas. Meski tampil sederhana, nampak kehangatanpun menjadi warna dalam penyambutan kala itu.

TAK KENAL LELAH, SILATURRAHIM TANPA BATAS
Ingin selalu dekat dengan rakyatnya, itulah Bang Zul Gubernur NTB. Janjinya pada saat kampanye dulu yaitu tetap menyambangi masyarakat, secara istiqomah terus dilakukan olehnya. Tak kenal Lelah, ia pun terus bersilaturrahim tanpa mengenal batas waktu.

Kehadiran Bang Zul selalu membawa senyuman ditengah masyarakatnya. Sosok kepemimpinannya terbilang begitu lepas. Kesan formalpun sangat jauh. Sehingga wajar, ia kerap disebut-sebut sebagai Gubernur yang merakyat.

Bahkan ia nampak terlihat sangat jarang berada di kantornya atau duduk manis berdiam diri diruang nyaman ber AC layaknya seorang pejabat yang menjadi kepala daerah. Bang Zul lebih banyak menghabiskan waktunya dilapangan dengan terus bergerak memantau dan menyapa rakyatnya.

Harus diakui, Bang Zul mampu merubah persepsi masyarakat yang selama ini bersekat antara pemimpin dan rakyatnya. Dikepemimpinannya bersama wakilnya, Zul-Rohmi terbilang adalah pemimpin yang menjadi idaman masyarakat NTB.

Itulah sebagian kecil beberapa potret yang menjadi bukti kesederhanaan Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah. Dan ini juga yang menjadi salah satu factor Bang Zul begitu disukai oleh banyak orang.

Sebagai masyarakat NTB tentunya kita tetap berharap. Bang Zul mampu istiqomah, sehat dan sukses selalu dan tetap menjadi pemimpin yang rendah hati. Terlebih sebagaimana yang menjadi harapan besar kita bersama yakni terwujudnya NTB Gemilang. Bagaimana dengan anda? (Bobby Maramis)