Beranda ADVERTORIAL Ayo..! Cegah Narkoba Sejak Dini

Ayo..! Cegah Narkoba Sejak Dini

BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, S.Pd., M.Pd.,

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA – Kabupaten Sumbawa bisa dikatakan sedang dalam keadaan darurat narkoba.

Ini terbukti dari terungkapnya sejumlah para pelaku baik pengguna, pengedar hingga bandar narkoba di wilayah hukum Kabupaten Sumbawa.

Selain itu, peredarannya pun tidak hanya di wilayah perkotaan saja, namun juga hingga di garis pedesaan.

Berbagai cara dilakukan dalam mengedarkan barang haram ini, salah satunya menyasar pada lini kalangan pelajar.

Terhadap hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril S.Pd., M.Pd mengajak semua elemen masyarakat termasuk para pelajar serta wali murid untuk berperan aktif melakukan pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Berita Terkait:  Disdikbud Sumbawa Perpanjang Masa Libur Sekolah

Sehingga hal ini dapat menyelamatkan generasi penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

“Kepada semua elemen masyarakat, apakah itu elemen guru, masyarakat, wali murid, pelajar dan lainnya bahwa narkoba adalah musuh bersama. Kita harus perangi narkoba karena itu merusak anak-anak kita,” ujarnya.

Dijelaskan Haji Sahril, upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogyanya menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak.

Berita Terkait:  Pembentukan AKD Kedepankan Azas Keadilan dan Kebersamaan

“Tidak ada nilai positif pun yang terkandung dalam Narkoba, semua merusak masa depan. Untuk itu saya menghimbau kepada orang tua, guru, anak-anak untuk bersama-sama kita perangi sampai ke akar-akarnya,” imbuhnya.

Mantan Kepala DPMPTSP Sumbawa ini juga berharap agar orang tua dapat lebih memperhatikan anak-anaknya.

Yakni, pertama lebih dahulu harus mengetahui ciri-ciri fisik jika sudah menjadi korban Narkoba. Sehingga penanganan cepat dapat dilakukan.

“Ada ciri-ciri fisik penggunaan obat-obatan maupun narkoba, sehingga orang tua harus mengamati anak anak di rumah setelah pulang,” sarannya.

Berita Terkait:  Doktor Zul Jaring Aspirasi Kepala Sekolah di Sumbawa   

“Sehingga kita bisa mencegah sedini mungkin, sangat penting dan sangat vital memutus rantai itu penting. Dan kita harus mengawasi anak-anak kita,” demikian Haji Sahril menambahkan. (*)