Beranda ADVERTORIAL Closing Festival Pesona Moyo 2018

Closing Festival Pesona Moyo 2018

BERBAGI

KERJASAMA PUBLIKASI NUSRAMEDIA.COM dengan DISPOPAR Kab. SUMBAWA

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kegiatan Festival Pesona Moyo 2018 yang telah berlangsung sejak tanggal 15 September 2018, resmi ditutup pada Minggu sore (23/9) di Pantai Saliper Ate Labuhan Badas. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Sumbawa, Waka Polres Sumbawa, Pimpinan OPD.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, H Rasyidi saat memberikan sambutan Closing Festival Pesona Moyo 2018

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi menyatakan bahwa pariwisata adalah salah satu industri terbesar dan cepat pertumbuhannya di dunia  karena sektor pariwisata memiliki nilai strategis.

Dimana Kabupaten Sumbawa juga mengandalkan sektor pariwisata untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat melalui visi “terwujudnya masyarakat Sumbawa yang berdaya saing, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong”.

Dalam salah satu misi adalah “Memelihara Dan Mengembangkan Potensi Budaya Dan Kearifan Lokal”. Visi dan misi pembangunan tersebut telah diaplikasikan kedalam program-program kepariwisataan daerah melalui penyelenggaraan berbagai event-event wisata tahunan, yaitu selain Festival Pesona Moyo 2018, Kabupaten Sumbawa juga dipercaya oleh Pemerintah Pusat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018.

Berita Terkait:  Pimpinan Definif DPRD NTB Periode 2019-2024 Dilantik

Disampaikan pula bahwa sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi NTB bahwa setelah dievaluasi, penyelenggaraan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 merupakan penyelenggaraan yang terbaik dan meriah dibandingkan dengan penyelenggaraan sail sebelumnya. Hal tersebut  tidak lepas dari dukungan dan juga antusiasme segenap elemen masyarakat Kabupaten Sumbawa dalam menyambut event tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, H Rasyidi bersama Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa, H Junaidi

“Untuk itu, kami atas nama pimpinan daerah menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat tana samawa atas partisipasinya menyukseskan event-event tersebut. Kita berharap ke depan semoga pemerintah pusat semakin sering menyelenggarakan event-event berskala nasional di daerah kita tana samawa tercinta,” ungkapnya. Tak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang dengan penuh semangat selalu  mengawal dan menjaga ketentraman dan ketertiban sehingga penyelenggaraan berbagai kegiatan Festival Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 dan Festival Pesona Moyo 2018 berlangsung aman dan lancar.

Berita Terkait:  Plh. Sekda KLU Pimpin Upacara Harkitnas ke-111  

Untuk mendukung harapan tersebut, pemerintah akan terus berupaya merevitalisasi kembali nilai-nilai budaya Sumbawa, mengingat sektor pariwisata dapat mendorong masyarakat untuk menghidupkan kembali seni kebudayan asli yang sudah hampir terlupakan, dan dapat menggairahkan perkembangan kebudayaan asli, serta dapat menumbuhkan kreativitas seni masyarakat sehingga mampu memperkaya khasanah budaya Sumbawa.

Dalam acara penutupan yang juga disertai dengan lomba mancing tersebut,  juga diumumkan pemenang pada beberapa  lomba yang sebelumnya sudah dilaksanakan. Adapun pemenang pada lomba Mancing Perahu Bermotor berhasil diraih oleh Jabaruddin dari Kali Baru sebagai juara 1, dengan berat ikan barakuda 19,34 kg, juara 2 berhasil diraih oleh Parman, dengan berat ikan tengiri 10,76 kg, dan juara ketiga diraih oleh Junaidi S dengan berat ikan tengiri 8,08 kg.

Berita Terkait:  Wagub NTB Harap Driver Taxi Jadi Guide Pariwisata

Sementara itu, untuk lomba Mancing Pinggir Pantai berhasil diraih oleh Nurhadi dari Kebayan, dengan berat ikan kerapu 0,05 kg kg, juara kedua berhasil diraih oleh Han dengan berat ikan kue 0,37 kg, dan untuk juara 3 berhasil diraih Irwandi dengan berat ikan ketamak 0,25 kg.

Untuk lomba Mancing Perahu Dayung berhasil diraih oleh Ali dengan berat ikan barkuda 2,56 kg, dan juara kedua diraih oleh Anca dengan berat ikan ketamak 0,69 kg. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah Televisi, Dispencer, dan Kipas Angin. (NM1)